Rabu, 21 November 2018

Sequence diagram/diagram sekuen menggambarkan kelakuan/perilaku objek pada use case dengan mendeskripsikan waktu hidup objek dan message yang dikirimkan dan diterima antar objek. Oleh karena itu untuk menggambar diagram sekuen maka harus diketahui objek-objek yang terlibat dalam sebuah use case beserta metode-metode yang dimiliki kelas yang diinstansiasi menjadi objek itu.

Banyaknya diagram sekuen yang harus digambar adalah sebanyak pendefinisian use case yang memiliki proses sendiri atau yang penting semua use case yang telah didefinisikan interaksi jalannya pesan sudah dicakup pada diagram sekuen sehingga semakin banyak use case yang didefinisikan maka diagram sekuen yang harus dibuat juga semakin banyak.

Berikut adalah simbol-simbol yang ada pada diagram sekuen:




Diagram Sekuen memiliki ciri yang berbeda dengan diagram interaksi pada Diagram Kolaborasi sebagai berikut :

1. Pada Diagram sekuen terdapat garis hidup objek. Garis hidup objek adalah garis tegas vertikal yang mencerminkan eksistensi sebuah objek sepanjang periode waktu. Sebagian besar objek-objek yang tercakup dalam diagram interaksi akan eksiss sepanjang durasi tertentu dari interaksi, sehingga objek-objek itu diletakkan di bagian atas diagram dengan garis hidup tergambar dari atas hingga bagian bawah diagram. Suatu objek lain dapat saja diciptakan, dalam hal ini garis hidup dimulai saat pesan Create diterima suatu objek. Selain itu suatu objek juga dapat dimusnahkan dengan pesan Destroy, jika kasus ini terjasi, maka garis hidupnya juga berakhir.

2. Terdapat fokus kendali (Focus of Control), berupa empat persegi panjang ramping dan tinggi yang menampilkan aksi suatu objek secara langsung atau sepanjang sub ordinat. Puncak dari empat persegi panjang adalah permulaan aksi, bagian dasar adalah akhir dari suatu aksi (dan dapat ditandai dengan pesan Return). Pada diagram ini mungkin juga memperlihatkan penyarangan (nesting) dan fokus kendali yang disebabkan oleh proses rekursif dengan menumpuk fokus kendali yang lain pada induknya.

Contoh Diagram Sekuen

Dalam kasus akademik yang memiliki program studi teknik informatika dan manajemen informatika, teridentifikasi aktor Mahasiswa dan Dosen, dengan daftar use casenya adalah :
1. Kontrak kuliah
2. Cari data
3. Tambah dt mhs
4. Edit data
5. Cek nilai
Misalkan diagram kelas hasil perancangan dari kasus akademik di atas adalah sebagai berikut :
diagram-sequence
Diagram kelas kasus contoh akademik universitas
Keterangan diagram kelasnya:

Program Studi: merupakan kelas proses yang diambil dari pendefinisian use case kontrak kuliah yang memiliki spesialisasi T Informatika dan Manajemen Informatika di dalamnya harus juga menangani proses cari data, cek nilai dan hapus data
Mahasiswa : merupakan kelas proses yang diambil dari pendefinisian use case tambah mahasiswa yang didalamnya juga menangani proses cari, hapus, dan list.
Matakuliah : merupakan kelas proses yang diambil dari pendefinisian use case cari data yang di dalamnya harus juga menangani proses edit, tambah, pilih, dan cek nilai

Berikut contoh diagram sequence nya
diagram-sekuen
Diagram sekuen kasus contoh akademik universitas






Sumber :http://www.sistem-informasi.xyz/2016/08/pengertian-sequence-diagram.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian class diagram contoh dan simbolnya

Pengertian Class Diagram Pengertian Class Diagram adalah visual dari struktur sistem program pada kelompok-kelompok yang di bentuk. Class...